Manfaat dari sifat malu jika ditinjau dari segi kebaikan adalah

  1. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela
  2. Susah untuk bermaksiat kepada Allah
  3. Selalu sungguh-sungguh dalam mengerjakan kebaikan
  4. Selalu berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya
  5. Membuat hidup menjadi lebih bahagia

Pembahasan

Malu yang memberikan manfaat dalam hidup adalah malu dalam hal mengerjakan keburukan atau hal-hal yang negatif. Contoh malu yang memberikan manfaat bagi seseorang adalah malu ketika menyontek dan malu ketika menerima barang suap.

Malu dalam hal kebaikan atau hal-hal positif hanya akan memberikan dampak negatif tau kerugian bagi orang yang melakukannya. Contoh malu yang memberikan dampak negatif adalah malu untuk  jujur mengakui kesalahan dan malu ketika beribadah kepada Allah sehingga membuat ia tidak mau beribadah.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari, di link brainly.co.id/tugas/4874903#
  2. Materi tentang cara mensyukuri nikmat yang Allah berikan, di link brainly.co.id/tugas/11268048#
  3. Materi tentang manfaat jika seseorang bertaqwa kepada Allah, di link brainly.co.id/tugas/26396873
  4. Materi tentang menjauhi prasangka buruk dan mengunjing termasuk dalam perilaku terpuji, di link brainly.co.id/tugas/26410355
  5. Materi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perilaku empati, di link brainly.co.id/tugas/26408298

=======================

Detail jawaban

Kelas : VII

Mata pelajaran : Agama Islam

**Bab :  Perilaku terpuji  **

Kode soal : 7.14.4

Tata krama, sopan santun dan rasa malu perlu diterapkan dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.

Makna Tata Krama

Tata krama terdiri atas kata tata dan krama. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan. Krama berarti sopan santun, kelakuan, tindakan, perbuatan.

Jadi bila ditarik kesimpulan, tata krama merupakan adat sopan santun atau kebiasaan sopan santun.

Tata krama, adat sopan santun atau sering disebut etiket telah menjadi bagian dalam hidup, contoh; pada waktu Anda masih kanak-kanak, orang tua sudah melatih untuk menerima pemberian orang dengan tangan sebelah kanan dengan mengucapkan terima kasih.

Orang tua juga melatih bagaimana cara makan, minum, menyapa, memberi hormat dan berpakaian. Lama kelamaan perilaku tersebut menjadi kebiasan.

Tata krama juga bisa berarti kebiasaan, yang lahir dalam hubungan antar-manusia. Tata krama yang semula berlaku dalam lingkungan terbatas, lama kelamaan dapat merambat ke lingkungan yang lebih luas.

Tata krama pun telah menjadi bagian dari pergaulan sehari-hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa tata krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antara sesama manusia.

Makna Sopan Santun

Sopan santun adalah sikap ramah yang diperlihatkan pada beberapa orang di hadapannya dengan maksud untuk menghormati serta menghormati orang itu, hingga membuat kondisi yang nyaman serta penuh keharmionisan.

Sikap sopan santun adalah satu kewajiban yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap kelompok mulai dari anak-anak sampai orangtua tanpa ada kecuali.

Menurut modul pembelajaran kelas IX dari Kemendikbud, kesantunan seseorang akan terlihat dari ucapan dan tingkah lakunya. Ucapannya lemah-lembut, tingkah lakunya halus serta menjaga perasaan orang lain.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa santun mencakup dua hal, yakni santun dalam ucapan dan santun dalam perbuatan.

Allah SWT mencintai sikap santun sebagaimana tertuang dalam hadis berikut ini:

“Dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi saw. bersabda kepada Al Asyaj Al ‘Ashri: Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sikap yang dicintai oleh Allah; yaitu sifat santun dan malu.”(H.R. Ibnu Majah)

Sopan santun menjadi sangat penting dalam pergaulan hidup sehari-hari. Kita akan dihargai dan dihormati orang lain jika menunjukkan sikap sopan santun.

Benefits

Tiga Macam Rasa Malu Ada tiga macam rasa malu yang perlu melekat pada diri seseorang: 1. Malukepada diri sendiri ketika sedikit melakukan amal saleh kepada Allah dan kebaikan untuk umat dibandingkan orang lain. Malu ini mendorongnya meningkatkan kuantitas amal saleh dan pengabdian kepada Allah dan umat.

2. Malukepada manusia. Ini penting karena dapat mengendalikan diri agar tidak melanggar ajaran agama, meskipun yang bersangkutan tidak memperoleh pahala sempurna lantaran malunya bukan karena Allah. Namun, malu seperti ini dapat memberikan kebaikan baginya dari Allah karena ia terpelihara dari perbuatan dosa.

3. Malu kepada Allah. Ini malu yang terbaik dan dapat membawa kebahagiaan hidup. Orang yang malu kepada Allah, tidak akan berani melakukan kesalahan dan meninggalkan kewajiban selama meyakini Allah selalu mengawasinya.

The main and well-known functions of the bank include collecting and distributing funds. The bank itself has a variety of products that have many benefits and advantages that can be used to meet your financial needs. 

From the various products offered by banks, you must understand that each product must have benefits and risks.

For this reason, it is important to know the benefits and risks that often arise from banking products before you use them. 

Let’s look at and understand the advantages and risks of the five best-selling bank products circulating in the community. 
1. Savings

This financial product is the bank’s operational activity that is best known by the public. Savings not only consist of one product, but now has developed into many types, ranging from savings plans, savings pilgrimage, time savings , and so forth.

Savings products are popular in the community because they can be used as a place to store money more safely. Various offices also provide savings to their employees for other purposes. Because through savings, you can also transfer funds briefly and safely. This bank product also has several characteristics such as:

Saving book

Every customer who chooses to save at a bank will get a savings account book . The function of the book is to find out information about all transactions made from savings products that you have.

ATM

Automatic Teller Machine Card (ATM). The characteristic of this savings product is that it causes many parties to choose to save some of their funds in the bank. ATM cards can be used to perform various financial transactions that are needed by customers.

Initial deposit

Initial deposit. Each bank has different rules regarding initial deposits. The intended deposit is the provision of funds at the beginning of the customer who wants to issue his savings. There are banks that apply an initial deposit of only Rp.50,000, but there are also those who make rules for an initial deposit of savings must be a minimum of Rp500,000.

Flower

This characteristic is the attraction of savings for the wider community. With interest, customers expect there to be profits from their savings activities, even though the value is certainly smaller than investing.

Monthly fee

In collecting public funds, the bank also aims to manage it for institutional profits and national development. For this reason, the bank imposes a monthly fee or what is commonly known as an administrative fee for each savings customer. The amount varies, depending on which bank you choose and what product you want to take.

Berikut adalah beberapa manfaat kredit bagi masyarakat.

5. Layanan Jasa

 

Berbagai produk layanan jasa dihadirkan pula oleh bank untuk menjalankan fungsinya. Layanan jasa tersebut mulai dari pengiriman uang, pembayaran, pembelian, sampai penagihan. Contohnya adalah layanan transfer, pembayaran asuransi, pembelian pulsa internet, sampai penagihan listrik. Semua itu dapat terlayani dengan produk ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, ataupun transaksi langsung melalui teller.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan layanan jasa perbankan dibandingkan dengan transaksi manual.

Pertama, transaksi dengan layanan jasa bank hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk penyelesaiannya. Ini karena layanan jasa tersebut telah didukung sistem online.

Kedua, transaksi dapat dilakukan kapan saja. Karena melalui sistem online, Anda tidak perlu khawatir bank sudah tutup saat Anda hendak bertransaksi. Cukup menggunakan ATM ataupun mobile banking, Anda pun dapat melakukan transfer, pembayaran, pembelian, hingga pelunasan tagihan.

Ketiga, transaksi lebih aman. Setiap kegiatan Anda yang menggunakan jasa layanan bank memerlukan PIN untuk memverifikasinya. Ini membuat transaksi Anda lebih aman sebab hanya Anda.

Baca Juga : Waspada Tindakan Phishing yang Mengincar Uang di Rekening Anda

Pahami Juga Resikonya

Meski terlihat bertabur keuntungan, berbagai produk bank bukannya tanpa risiko. Tanpa pengelolaan yang tepat dari Anda selaku pengguna jasanya, produk perbankan dapat menjadi masalah. Sebagai contoh, jika Anda tidak dapat mengendalikan diri mengambil uang dari ATM, uang tabungan Anda akan kian tergerus. Ketika mengajukan kredit pun, ada risiko tidak dapat melunasi tagihan karena ternyata pinjaman yang Anda ambil digunakan untuk berfoya-foya.

Karena itulah, Anda harus mulai mengontrol diri dan memahami risiko dari sendiri sebelum memutuskan memilih produk perbankan yang Anda inginkan. Tanpa kebijakan, kemudahan transaksi dari produk tabungan tersebut akan menyeret Anda kepada situasi keuangan yang kurang sehat.